KATEGORI POSTINGAN

Jumat, 02 Oktober 2015

TIPS JIKA DI TILANG POLISI

Asalamualaikum www..agan dan sista semuanya di manapun berada...kali ini ane ingin berbagi artikel, atau mungkin justru hanya sedikit tips buat agan dan sista semua..

Kebetulan setelah kejadian kemaren yang ane ceritain di judul postingan CERITAKU: " BALADA LONTONG PECAL ",ane pun iseng iseng kepo nyari di mbah google..bagaimana sih tips jika di tilang polisi.??

Makanya setelah ane tau anepun pengen berbagi tipsnya sma agan dan sista nih, terbesit di benak ane untuk bikin postingan judulnya seperti di atas "TIPS JIKA DI TILANG POLISI".

Nah pasti Judulnya memang agak sedikit aneh kan, tapi ane yakin bagi agan dan sista yang setiap harinya menggunakan kendaraan bermotor, menghadapi tilang polisi sudah menjadi hal yang bisa saja terjadi.

BACA JUGA: MUTIARA KEHIDUPAN

Pengalaman di tilang polisi seakan menjadi sebuah hal yang selalu menghantui dan menakutkan. Padahal, kalau agan dan sista sudah memastikan kelengkapan surat-surat serta mematuhi tata tertib berkendara, hal ini dapat terhindari loo.

Misalnya mungkin agan dan sista pernah mengalami, ketika sudah merasa memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor, atau tidak merasa melakukan kesalahan dalam berkendara di jalan raya, tapi tiba-tiba agan dan sista kena tilang. Pastinya kesal kan?!

Berdasarkan pengalaman ane dalam menghadapi Polisi Lalu Lintas,atau di singkat Polantas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika di tilang.

Terutama ketika agan dan sista telah di giring ke (kandang) pos Polantas untuk di minta pertanggung jawaban atas kesalahan yang telah di lakukan.Kena tilang Polantas, nah ini dia tipsnya kita simak yok..!!

–Pertama agan dan sista tetap tenang aja, maksudnya gini, dalam kondisi apapun, sebenarnya bersikap untuk tetap tenang adalah sebuah cara bagi kita untuk bisa berfikir jernih. Begitupun dalam berhadapan dengan Polisi Lalu Lintas.

Karena dalam hal ini ane yakin, kebanyakan orang ketika di stop oleh Polantas, mayoritas secara spontan akan bersikap panik, dan berfikir negatif. Misalnya, “Aduh, gawat nih!”,Sial, bakalan keluar duit nih ujung-ujungnya padahal ane baru aja mulai nabung” malah tampang polisinya seram lagi tuh,mampus nih ane" atau ungkapan negatif lainnya.

Jangan ungkapkan kalimat-kalimat negatif dulu, apalagi jika anda merasa tidak melakukan kesalahan yang sangat fatal. Santai aja broooo.., relax .., Polantas juga manusia okee .

–yang ke dua, agan dan sista Jangan bersikap sok keras.
Ketika di stop oleh Polantas, jangan bertanya dengan nada yang emosi rilex aja keleess. Kalaupun agan dan sista merasa heran atas kesalahan, atau alasan mengapa kena tilang, tanyaka aja secara baik-baik sma pok polosinya.

Ane sih g tau juga nih apakah rata-rata polisi bersikap seperti ini, tapi berdasarkan pengalaman saya, ketika kita melawan, emosi, atau tidak ingin disalahkan, maka pada saat itu Polantas justru akan memojokkan dan menganggap kita bersalah.

Jadi tanyain aja baik-baik, tetap tersenyum dan ngomong dengan nada suara pelan tapi pasti (jangan mendesah ya).

–Yang ke tiga kasih penjelasan dengan singkat, padat, tepat,hemat,tomat ( ini ngomong apa sih).

Gini nih, ketika agan dan sista menjelaskan kronologis tentang hal yang dianggap oleh Polantas penyebab agan dan sista di tilang, kasih penjelasan yang tepat g perlu panjang panjang do apalagi malah curhat kalo agan dan sista baru aja di putusin pacar dua hari yang lewat..g bakalan ngaruh..paling ntar agan dan sista di timfuk pake tai onta.

Karena menurut ane,dengan memberikan penjelasan yang singkat tapi tepat akan mudah memberikan nilai positif bagi diri agan dan sista atas pembelaan yang lakukan.

Namun jika memang merasa bersalah, dengan berjiwa besar agan dan sista harus mau mengakui kesalahan.
Tetapi jangan lupa juga ya untuk tetap terus membela diri dengan alasan masuk yang masuk akal.

–Ke empat Rendah diri aja gan dan sista, apalagi tentang pekerjaan agan dan sista.
Jika surat tilang ternyata sudah ingin dikeluarkan, pada saat bernegosiasi ini adalah faktor penentuan bagaimana selanjutnya.

Yahh.., bagi ane sih pada tahap ini adalah detik detik penentuan seberapa besar uang (ingin selesai di tempat / tilang secara resmi) yang ane keluarin. Tapi jika agan dan sista merasa tidak memiliki cukup uang untuk menyelesaikan tilang tersebut, jangan malu untuk merendah.

Cukup tinggal bilang..misalnya gini," ane mahasiswa pak" ane tinggal ngekos ni pak, itupun listrik nunggak dua bulan pak" ponakan ane pengangguran Pak (apa hubungannya), mandi numpang di tetangga sebelah pak,odol abis pak, sabun juga abis di kost pak,(ngenes amat lu tong).”, atau gini “ane belum dapat uang dari emak pak.sawit ane di curi orang pak.”,pokoknya pinter pinter deh ya.

Kenapa harus gitu, karena menurut ane itu adalah sebagai penilaian buat pak polisi, berapa jumlah nominal uang tilang yang harus agan dan sista keluarin.

Jangan pulak gini"“Pak..kasian paaak udah dua hari belum makan paak" bukan..bukan kek gtu maksud ane ya” .

Jika memang ingin selesai di tempat, tanyain secara baik-baik, dan cobalah untuk (mengerti perasaan pak polisi) bernegosiasi agar agan dan sista mendapatkan penurunan harga.

Mmm.., ini memang sudah menjadi rahasia umum, tapi yang ane ktahui slama ini setelah sekian lama mengalami,dan meneliti di lapangan memang itulah faktanya.

–Yang kelima Jangan lupa mengucapkan terima kasih. Kok malah terima kasih??? Kan ane di tilang..

Ya doong..kalo rasanya memang sudah tidak ada jalan lain, dan memang harus di tilang, mungkin ini lah jalan yang terbaik..kalo perlu " makasih ya pak udah nilang ane, besok tilang lagi ya pak, I LOVE YOU pak gitu..pake senyum tapi yaa..

Dengan bersikap baik, semoga Tuhan mengetuk pintu hati Pak polisi yang menilang agar dapat bersikap baik juga pada pengendara lainnya suatu saat nanti.

Karena selain Poak polisi juga adalah manusia, mereka pun memiliki anggapan yang berbeda-beda (baik itu positif atau negatif) terhadap para pengendara bermotor yang mereka anggap telah melakukan kesalahan.

Atau agap aja berterima kasih dan bersikap baik itu sebagai amal, karena dengan beramal justru rejeki kita makin bertambah&di jamin gak bakalah berkurang. Apa lagi dengan tersenyum..senyum itukan sedekah..ciee .."

Semoga aja tips di atas bermanfaat buat kita semua ya gan dan sista..SEKIAN terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar